Jenis jenis Lobster Air Tawar (LAT)

Jenis-jenis Lobster Air Tawar (LAT) yang umum banyak dijumpai di Indonesia, diantaranya :

1. Cherax quadricarinatus (red claw)

Cherax quadricarinatus (red claw)
Cherax quadricarinatus (red claw)
Cirinya memiliki capit dengan ujung yang berwarna merah khususnya untuk yang jantan. Dari nama latinnya, quadricarinatus yang mempunyai arti empat buah lunas, quadric = empat, carinatus = carinae, bentukan menyerupai lunas.Lobster ini banyak dijadikan untuk makanan dan di tempat asalnya di Queensland Utara dijadikan makanan untuk penduduk disana. Untuk diIndonesia sendiri jenis ini sering dijadikan hidangan (untuk lobster konsumsi) direstauran-restauran maupun dirumah makan tenda sea food. Jenis ini sering dijadikan lobster komsumsi karena mempunyai ukuran yang sangat besar dan banyak dagingnya untuk ukuran LAT, panjang bisa mencapai 35cm.






2. Cherax destructor (yabby) 

(Gray Yabby)
Cherax destructor (Yabby) habitat aslinya di bagian barat Australia, jenis ini juga mulai diminati di Indonesia utk dibudidayakan karena bentuknya yang eksotis dengan Capit yang besar sebesar badannya sendiri dan berwarna biru cerah. Jenis ini sangat cocok untuk menghiasi aquarium. Dengan Capit yang besar lobster ini bisa mencapai bobot 350gr mungkin bisa lebih (dihabitat asli) panjang badan bisa mencapai sekitar 12cm. Yabby ini juga mudah untuk dibudidayakan hanya saja tingkat kanibalnya tinggi. Untuk jenis Yabbiy selain mempunyai warna abu-abu tetapi ada juga yang berwarna hitam, putih dan biru.


 

 

 

(Black Yabby)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(White Yabby)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Blue Yabby)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Red Swamp Crayfish (Procambarus Clarkii)

(Procambarus Clarkii Red)
Red Swamp Crayfish (Clarkii nama tenarnya) lobster ini juga cocok untuk menghiasi aquarium karena warnannya cukup menarik Merah menyala, Lobster ini habitat Aslinya berasal dari America, di Louisiana Lobster ini mempunyai warna tubuh dominan merah. Oleh karena itu mereka sering disebut sebagai red swamp crayfish. Lobster dewasa berwarna merah gelap, sedangkan yang masih muda berwarna merah kekelabuan. Untuk ukuran dewasa bisa tumbuh hingga mencapai panjang badan sekitar 12cm, Lobster ini berukuran kecil hanya bisa mencapai bobot sekitar 50gram saja. Jenis ini sudah dibudidayakan dibeberapa wilayah seperti Eropa,Asia,dan Australia. Untuk jenis Clarkii selain mempunyai warna merah tetapi ada juga yang berwarna putih, orange dan biru.

(Procambarus Clarkii White)













(Procambarus Clarkii Orange)















(Procambarus Clarkii Blue)


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar